Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Leukemia yang Perlu Diwasapdai dari SehatQ.com

Secara umum sebenarnya penyebab leukemia belum diketahui secara pasti. Bahayanya adalah bisa menyerang pada semua usia baik dewasa maupun anak-anak. Ketika sudah mulai muncul gejala yang mengarah pada masalh kesehatan tersebut ada baiknya segera melakukan penanganan.

Penyebab Leukemia yang Perlu Diwasapdai dari SehatQ.com

Penyakit satu ini cukup berbahaya, sebab menurut data global dari WHO (World Health Organization), menyebutkan pada tahun 2018 kasus kematian karena leukimia yang ada di Indonesia mencapai 1.3498. Faktor timbulnya sendiri bisa dari internal maupun eksternal, simak ulasan berikut:

1.   Obesitas (Berat Badan Melebihi Normal)

Obesitas sendiri merupakan kondisi berat tubuh melebihi perhitungan normal. Ada banyak akibat yang bisa muncul karena kondisi ini termasuk tumbuhnya sel kanker leukimia. Sebelum muncul gejalanya segera lakukan kebiasaan sehat seperti berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat.

Leukimia
Meski belum ada studi yang menyebutkan secara  detail terkait pembahasan ini, namun jangan meremehkannya karena beberapa produk bersifat karsinogen meskipun berada di alam. Perlindungan yang penting bisa dilakukan dari dalam dan luar serta imbangi dengan makan bergizi.

2.   Penggunaan Rokok dan Kopi Secara Berlebihan

Zat yang terdapat di dalam keduanya menurut sebuah studi bisa meningkatkan risiko terjangkitnya kanker leukimia. Hal ini berlaku bukan hanya pengguna aktif melainkan juga pasif terutama anak-anak yang orang tuanya menjadi perokok, meskipun dilakukan sebelum masa kehamilan.

Proses ini bisa terjadi karena zat karsinogen sudah terserap oleh paru-paru dan dialirkan melalui pembuluh darah. Meskipun sudah berhenti namun jangka pendek, resiko masih tinggi. sedangkan untuk kopi bisa memunculkan kemungkinan jika wanita hamil minum secara rutin dua kali sehari.

3.   Terlalu Berlebihan dalam Menghirup Unsur Kimia Radon

Radon sendiri merupakan salah satu unsur kimia bersifat radioaktif yang berwujud gas. Bahayanya adalah senyawa tersebut tidak memiliki bau dan warna. Tentu saja akan menyulitkan untuk menghindarinya. Disamping keberadaannya bisa ditemukan secara alami di lingkungan rumah.

Proses ini bisa terjadi dari batuan vulkanik yang diproduksi dari pemecahan uranium pada tanah. Selain itu juga bisa terkandung dalam air sumur di daerah tertentu. Cara pencegahan yaitu dengan membuat ventilasi rumah memadai untuk memperlancar pertukaran oksigen.

4.   Paparan Radiasi

Menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa radiasi dalam jumlah renda masih memungkinakn terkena leukimia. Hal ini bisa muncul saat ibu hamil melakukan rontgen atau pemeriksaan menggunakan sinar X. Jika ada jalan lain sebaiknya hindari kegiatan ini demi keselamatan buah hati.

Meski kemungkinannya sangat kecil ada baiknya selalu waspada. Sebenarnya radiasi sendiri bisa dimunculkan oleh beberapa peralatan elektronik misalnya saja HP. Sebelum tidur hindari menyalakan koneksi internet dan jauhkan dari tubuh seperti menaruhnya di meja belajar.

5.   Benzena

Senyawa kimia organik ini sering digunakan untuk bahan dasar beberapa produk yang sangat akrab dengan kegiatan manusia seperti halnya ban, pewarna rambut, tinta printer, dan bensin. Menurut beberapa penelitian, ternyata senyawa ini bersifat karsinogen yang meningkatkan resiko kanker.

Semakin sering Anda terkena paparan benzena maka resiko terkena leukimia akan lebih tinggi. Sebelum lebih parah, ada baiknya mengkonsultasikan dengan ahlinya supaya mendapatkan penanganan tepat. Perlu diketahui sebagian besar penanganan kasus ini membutuhkan biaya lebih.

Demikian penjelasan mengenai penyebab penyakit leukemia yang perlu diwaspadai dari SehatQ.com. sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini dibandingkan nantinya terjangkit, sebab orang yang sudah terjangkit masalah kesehatan ini meskipun sembuh tidak bisa 100%.