Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menikmati Whiskey Glenlivet 12 untuk Para Pemula

Glenlivet 12 adalah salah satu jenis whiskey berusia 12 tahun dan diproduksi di wilayah River Spey di timur laut Skotlandia. Secara merek, whiskey malt tunggal penjualannya terbesar di Amerika Serikat. Banyak yang berminat untuk mencoba minuman warna keemasan ini saking terkenalnya.

Glenlivet 12

Namun, jika Anda adalah pemain baru dalam minuman beralkohol, jangan asal minum seperti lainnya. Ada tata cara supaya whiskey terasa nikmat dan pengalaman pertama menjadi tidak terlupakan.

Pilih Gelas yang Tepat

Glenlivet adalah jenis scotch yang punya cita rasa unik. Untuk bisa menikmatinya, pilih gelas yang ingin Anda gunakan lebih dahulu. Disarankan, Anda pilih Snifter wiski yang memiliki bagian bawah besar dan ke atas meruncing seperti tulip.

Makanya, banyak yang menyebutnya dengan gelas tulip. Memang, daripada gelas besar, gelas mungil seperti ini lebih disarankan. Ini karena bentuknya yang menyerupai mangkuk dimaksudkan untuk merangkap aroma minumannya dalam satu tempat.

Jangan Putar Gelasnya

Mungkin Anda pernah melihat dalam film bahwa beberapa orang memutar gelas mereka sebelum minum alkohol. Namun, Glenlivet tidak diciptakan untuk itu. Minuman yang diputar hanya anggur, sementara scotch atau whiskey tidak. Jika Anda memutar gelas, justru akan mempengaruhi rasa.

Menambahkan Air Sesuai Selera

Scotch sejatinya lebih nikmat jika disajikan dalam suhu ruang. Namun, Anda yang tidak terlalu suka rasanya yang kuat, bisa memilih untuk menambahkan air. Untuk ukurannya, tidak ada yang baku karena bisa disesuaikan dengan selera.

Tujuan dari menambahkan air dalam alkohol adalah menciptakan rasa baru dan menurunkan intensitas kadar alkoholnya. Selain itu, penambahan air bukan berarti peminum tidak kuat dengan whiskey, melainkan adalah cara lain menikmati minuman.

Menggunakan Es Batu

Selain menambah air, Anda bisa menambahkan es batu ke dalam gelas. Mendinginkan minuman menekan aroma dan rasa alkohol yang dominan, membuat minuman lebih mudah dinikmati bagi pemula.

Juga, dengan adanya es, minuman akan terasa lebih menyegarkan. Namun ingat, bahwa semakin banyak es yang ditambahkan, bisa membuat Glenlivet 12 menjadi lebih cair.

Menambahkan Cocktail

Whiskey Glenlivet sendiri sudah nikmat jika dinikmati secara tunggal. Eits, Anda bisa mencoba menambahkan dengan cocktail. Anda bisa bertanya kepada bartender, cocktail apa yang cocok ditambahkan bersama dengan whiskey ini.

Perpaduan rasa yang sama-sama kuat, justru akan membuat kedua minuman saling melengkapi. Misalnya seperti campuran Manhattan atah koktail Penicillin yang sedikit lebih rumit. Sementara Boulevardier, Old Fashioned, atau Mint Julep bisa untuk menghadirkan rasa smokey klasik.

Mencium Aroma Terlebih Dahulu

Mencium aroma minuman yang sebelumnya akan dinikmati melalui pinggir gelas akan memudahkan Anda mengenali jenis minumannya. Sekalipun beberapa menyebut tidak perlu melakukan ini, sebagai pemula Anda perlu mencobanya untuk pengalaman pertama yang tidak terlupa.

Namun, jangan langsung menghirup, alih-alih secara perlahan dan nikmati dengan tenang. Alasannya, jika langsung Anda hirup, ii bisa menyebabkan pusing karena adanya kandungan alkohol yang hingga 40% dalam minuman tersebut.

Tidak Langsung Menelan Whiskey

Cara minum glenlivet 12 yang kerap menjadi kesalahan bagi pemula adalah langsung menelan atau menegak habis minuman ini. Padahal, whiskey akan lebih nikmat jika diserap perlahan, pastikan bahwa seluruh lidah Anda merasakan minumnya.

Selain itu, Anda bisa menikmatinya dengan berbagai cara. Misalnya langsung meminum whiskey tanpa campuran es, kemudian ditambahkan es, sampai dengan menambah campuran koktail. Dengan begitu, Anda bisa memilih rasa whiskey mana yang lebih disukai.